Menyusul Insiden Bom Bunuh Diri, AP II Perketat Keamanan di 19 Bandara


WE Online, Jakarta

Pengamanan di 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) diperketat menyusul terjadinya bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara.

Presiden Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan, seluruh Executive General Manager di masing-masing bandara sudah diinstruksikan untuk memperketat keamanan. AP II, tambah Muhammad Awaluddin, mengupayakan bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II aman dari aksi teror dan dapat beroperasi dengan normal melayani penumpang pesawat dan juga penerbangan dari seluruh maskapai.

Baca Juga: AP II Tanam Pohon Ini di Pantai Ketaping Guna Kurangi Dampak Tsunami

“Angkasa Pura II bersama-sama dengan seluruh unsur keamanaan seperti TNI/Polri meningkatkan kewaspadaan dengan juga meningkatkan koordinasi dengan unsur intelijen,” jelas Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Implementasi dari diperketatnya keamanaan di 19 bandara di bawah AP II adalah dengan melakukan random check terhadap penumpang pesawat atau pengguna jasa bandara beserta barang bawaan. Random check dilakukan di security check point (SCP), yakni area pemeriksaan dengan metal detector, walking metal detector, dan x-ray.

Di bandara sendiri terdapat dua SCP, yaitu SCP 1 tempat pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki area check-in dan SCP 2 tempat pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki boarding lounge.

Selain itu, random check juga dilakukan terhadap kendaraan dan orang yang ingin memasuki area bandara dan gedung terminal. Keamanan juga diperketat di Access Control Point (ACP), yakni titik di mana kendaraan atau pekerja memasuki sisi udara (airside) dari bandara.

Di samping itu, Unit K9 saat ini juga sudah dikerahkan untuk memeriksa barang bawaan serta tas/koper yang berada di baggage handling area.

“Saat ini Komite Keamanan Bandara atau Airport Security Committee terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi penuh guna menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban di bandara-bandara Angkasa Pura II,” jelas Muhammad Awaluddin.

Bandara merupakan salah satu objek vital nasional yang memiliki prioritas dalam hal pengamanan. AP II juga memastikan sampai saat ini penerbangan di 19 bandara masih berjalan normal dan lancar.

Related Posts