Masalah yang sering terjadi Pada HRM Dan Berikut Solusinya

HRM,  manajemen sumber daya manusia merupakan manajemen yang menitikberatkan perhatiannya kepada faktor produksi manusia dengan segala kegiatannya untuk mencapai tujuan perusahaan.
Sumber daya manusia merupakan investasi yang memegang peranan penting bagi perusahaan. Tanpa adanya sumber daya manusia, faktor produksi lain tidak dapat dijalankan dengan maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan HRM :

1. Tujuan Organisasi

2. Tujuan Fungsional

3. Tujuan Sosial

4. Tujuan Personal

Tujuan utama dari manajemen sumber daya manusia adalah untuk memastikan bahwa organisasi mampu mencapai keberhasilan melalui orang. Tujuan lain dari HRM adalah sebagai berikut

Peran, Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab :

Pengembangan dan evaluasi karyawan / Development and evaluation Terdapat suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.

Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai / Compensation and protection
Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi pekerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu.

Dalam ruang lingkup SDM (HR/HC), fungsi MSDM secara lebih terperinci meliputi :
1. Seleksi dan Rekrutmen (Selection and Recruitment)
2. Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development),
3. Compensation and Benefit (Compensation and Benefit),
4. Manajemen Kinerja (Performance Management),
5. Perencanaan Karir (Career Planning),
6. Hubungan Karyawan (Employee Relations),
7. Pemisahan (Separation Management),
8. Personnel Administration and HRIS (Human Resources Information System)

 

Secara tidak langsung mungkin Anda pernah mengalami beberapa permasalahan sebagai seorang karyawan, entah itu adalah karena perlakuan tidak adil dari para atasan maupun atas dasar pekerjaan yang semakin lama semakin menumpuk, akan tetapi yakinlah bahwa akan ada orang lain di atas Anda yang memiliki masalah lebih rumit lagi dari Anda, yaitu Human Resources Department (HRD). Mungkin Anda pernah berpikir bahwa posisi HRD adalah posisi yang sangat membanggakan dan memiliki prestise (jabatan bergengsi) yang cukup tinggi. Jangan salah, menjadi seorang HRD artinya adalah Anda harus siap dengan segala permasalahan HRD yang siap menanti. Berikut ini merupakan 5 masalah yang biasanya banyak dihadapi oleh para HRD yang bisa dibilang sangat rumit dan seringkali dialami oleh departemen HRD.

1. Keterlibatan Dari Karyawan

Masalah HRD yang pertama adalah tentang keterlibatan dari karyawan. Karyawan yang seringkali terlibat secara penuh dengan perusahaan akan memiliki komitmen yang cukup kuat untuk memberikan kontribusinya. Semakin kuat komitmen seorang karyawan, maka akan semakin lama ia akan bertahan untuk berkontribusi di perusahaan tersebut. Hal ini akan semakin menguntungkan Anda sebagai HRD.
Bayangkan jika keterlibatan karyawan semakin menurun dan semakin ingin keluar dari perusahaan, maka perusahaan akan kehilangan tenaga berbakatnya, bukan? Sebagai seorang HRD, Anda wajib untuk mencari pengganti yang minimal sama berkualitasnya. Memasang iklan lowongan pekerjaan, melakukan perekrutan, screening CV, wawancara, menyaring kandidat, dan proses-proses lainnya yang tentunya akan semakin menambah beban pekerjaan Anda. Untuk mencegah hal ini sampai terjadi, maka Anda bisa meminta feedback dari para karyawan secara berkala, mengadakan survey, maupun memberinya evaluasi kinerja Anda.

2. Hubungan Diantara Sesama Karyawan

Menjaga hubungan yang baik dan harmonis di kalangan karyawan juga sudah menjadi tugas utama dari seorang HR. Belum lagi apabila ada karyawan yang sampai berani mengadukan hal ini dan itu hanya kepada Anda. Sebagai seorang HR, Anda dituntut untuk tetap bisa menemukan jalan keluar apabila seringkali terjadi perselisihan di antara sesama karyawan. Padahal, masalah karyawan tidak hanya terbatas pada hal itu saja. Bisa jadi karyawan ingin mengadukan hal-hal yang berhubungan dengan kondisi lingkungan kerja. Sedangkan, di sisi lain, Anda juga harus menghitung gaji mereka dan lain sebagainya. Memainkan peranan ganda seperti ini juga menjadi masalah paling sulit yang harus diselesaikan oleh seorang HR.

3. Kurangnya Integrasi Dengan Sistem

Hal ini seringkali terjadi saat perusahaan tempat Anda bekerja memakai sistem yang berbeda-beda untuk setiap masing-masing proses, mulai dari :
• System rekrutmen.
• System penggajian.
• Manajeme bakat.
• Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Hal-hal tersebut pastinya akan semakin membuat Anda bertambah pusing. Belum lagi jika harus menyalin data, menyusun laporan mingguan, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, karena sistem yang digunakan sudh terlalu banyak, maka kemungkinan untuk bisa muncul error akibat tidak adanya sumber data yang menjadi pusat acuan data atau data yang valid. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai menggunakan software HR yang benar-benar praktis dan terintegrasi yang sudah berbasis teknologi cloud.

4. Gangguan Dari Penggunaan Sosial Media

Pada zaman serba digital seperti sekarang ini dengan datangnya berbagai pengembangan teknologi yang cukup canggih, sudah banyak sekali berbagai aspek kehidupan yang bisa dilakukan secara online, termasuk juga dalam hal pekerjaan. Media sosial dapat digunakan sebagai sarana yang tepat untuk merekrut karyawan baru, yang tentunya bisa lebih mempermudah tugas HRD. Social tools yang juga demikian, akan semakin memudahkan para karyawan dalam menerima feedback secara langsung dari atasan sehingga bisa segera meningkatkan produktivitas dan performanya. Namun terkadang, ada kalanya jejaring sosial dapat menjadi ancaman yang cukup berat bagi perusahaan. Seorang karyawan bisa saja secara tidak sengaja membocorkan rahasia perusahaan atau bercerita tentang bagaimana kondisi lingkungan kerja yang tidak semestinya diketahui oleh orang di luar perusahaan. Tugas bagi seorang HR adalah untuk mengontrol hal tersebut agar tidak sampai terjadi dengan cara membuat kebijakan yang terkait.
Meskipun mungkin di mata Anda seorang HR memiliki pekerjaan yang seru, akan tetapi beban kerja yang mereka dapatkan sama sekali tidak main-main. Selain harus selalu menghitung gaji dan menjaga keharmonisan diantara sesame karyawan, seorang HR juga harus paham dan selalu update tentang bagaimana aturan ketenagakerjaan yang ada. Karena, jika perusahaan ternyata kurang memenuhi syarat atau kurang memperhatikan kesejahteraan dari karyawannya, maka perusahaan tersebut bisa saja dikenakan sanksi tegas dari pemerintah.

Kami Memiliki Solusi Yang bagus Untuk Anda.

Kami Sudah membuat aplikasi Untuk Human Resource Management, Aplikasi Kami dapat Membantu Permasalahan Anda, Karena aplikasi yang kami buat sudah mempunyai banyak fitur Untuk permasalahan Anda berikut adalah aplikasi yang sudah kami buat.

1. Halaman Utama HRM

HRM

Dihalaman Utama Terdapat Pemberitahuan seperti jumlah karyawan, total departement, Total Project Dll.

2. Halaman Company

3. Halaman Untuk Input Perusahaan

4. Halaman Data Karyawan

Pada halaman ini Anda Bisa Menambahkan Karyawan Baru dan bisa juga Nonaktifkan Karyawan.

5. Halaman Complaint

HRM bisa Melihat apakah ada complaint atau tidak.

6. Halaman Kehadiran.

HRM dapat Memonitor Karyawan Yang tidak Hadir.

7. Halaman Cuti, HRM bisa Melihat Karyawan mana saja yang Sedang Cuti

8. Halaman Shift

9. HRM juga Bisa Mengelola Gaji.

10.Halaman Untuk Melihat History Pengeluaran

11. Halaman Lowongan Kerja, Halaman ini sudah terintegrasi Dengan Frontend.

12. Halaman Frontend, lowongan pekerjaan yang tadi di input akan masuk ke halaman ini

13. Halaman Training Karyawan

 

Jika Anda Memiliki Pertanyaan Atau Berminat Mempunya Aplikasi Seperti Diatas Anda Bisa Hubungi Kami Disini +62 813-1097-4914 Atau Disini  +62 813-9354-4270

 

 

Leave a comment