Jasa Aplikasi Android Terbaik

Jasa Aplikasi Android Berkualitas

Jasa aplikasi Android

Semakin banyaknya jasa aplikasi android di indonesia tentu saja tidak terlepas dari kesuksesan pendiri os (operation system) itu sendiri yaitu google. Di indonesia sendiri menurut Lembaga riset digital marketing Emarketer sendiri memperkirakan pada tahun 2018 jumlah pengguna akfti smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang penduduk dan hampir 80 persen smartphone di Indonesia adalah android sisanya adalah IOS yang dimiliki oleh perusahaan Apple. Meskipun tak banyak dari kita yang mengetahui apa itu aplikasi dan apa itu jasa pembuatan android. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa hal yang berhubungan dengan android.

 

 

Jasa aplikasi android

Secara umum jasa aplikasi android merupakan jasa pembuatan aplikasi yang ditawarkan oleh para penggerak dibidang IT. Penggerak ini biasanya tergabung di dalam suatu perusahaan tapi tidak menutup juga kemungkinan adanya penggerak secara individu. Aplikasi yang mereka buat dikhususkan untuk sistem operasi yang dinamakan android. Biasanya aplikasi ini karena dibuat khusus untuk android tidak akan atau jarang sekali compatible dengan sistem operasi lainnya seperti contohnya ios.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak perusahaan IT yang menyediakan jasa aplikasi android itu sendiri. Hal ini terjadi karena tingginya permintaan pasar akan sebuah jasa yang berhubungan dengan IT terutama hal yang berkaitan dengan mobile. Meskipun tentu saja pembuatan program-program lainnya seperti ERP untuk membantu dalam dunia bisnis juga masih tinggi.

Kalau kita lihat dari tujuannya, cukup berbeda antara program-program komputer lainnya yang dikembangkan dengan program android ini. Banyak perusahaan menggunakan program seperti ERP sebagai bantuan dalam bisnis yang sedang dijalankan. Lain halnya dengan jasa aplikasi android ini yang justru ada untuk dijadikan bisnis itu sendiri.

Banyaknya orang dengan inovasi baru tapi kurangnya kemampuan dibidang IT ini lah yang juga menyebabkan jasa aplikasi android berkembang. Contoh yang bisa kita lihat adalah aplikasi android semacam ojek online yang sedang ramai dipasaran. Banyak orang yang melihat adanya kesempatan yang diciptakan dari lamanya penyebaran ojek online di seluruh wilayah Indonesia. Mereka mulai berpikir untuk membuat layanan serupa yang khusus dan disesuaikan dengan daerah tempat tinggal mereka. Disinilah perusahaan IT berperan dengan membantu mereka untuk membuat aplikasi untuk layanan yang mereka ingin pasarkan.

Harga jasa aplikasi android

Mungkin sebagian dari kita mulai berpikir untuk menciptakan sebuah layanan lainnya yang bisa terhubung dengan sistem operasi android. Kita memiliki ide untuk sebuah bisnis dan memerlukan bantuan untuk merealisasikannya. Tentu saja di dalam sebuah bisnis perhitungan modal menjadi dasar utama sebelum kita menjalankan bisnis tersebut. Untuk itulah kita perlu mengetahui harga yang ditawarkan dipasaran.

Sebenarnya untuk harga jasa aplikasi android ini sangat beragam. Jika kita melakukan pencarian harga jasa aplikasi android lewat mesin pencari maka kita akan menemukan banyak sekali tawaran. Tawaran yang ada bisa datang dari perorangan atau juga dari sebuah perusahaan IT.

Biasanya harga jasa aplikasi android ini dimulai dari beberapa juta rupiah. Tergantung dari tingkat kerumitan yang sejajar dengan kemampuan sebuah aplikasi, maka harganya pun bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Jangan terburu tergiur dengan harga yang murah, bahkan mungkin ratusan ribu rupiah untuk sebuah jasa aplikasi android. Meskipun tidak menutup kemungkinan harga murah yang ditawarkan berasal dari seorang professional, tapi resiko yang ada juga cukup besar.

Biaya yang ditawarkan biasanya belum termasuk untuk biaya perawatan atau biaya pengembangan. Seperti yang kita tahu bahwa sistem operasi android sendiri terus berkembang dari waktu ke waktu, begitu pula dengan para aplikasinya. Kita juga memerlukan pengembangan untuk aplikasi yang kita punya supaya dapat terus digunakan dan compatible dengan sistem operasi terbaru. Jadi pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan budget dan rencanakan keuangan kita untuk biaya pengembangan aplikasi dari waktu ke waktu.

Jadi apa itu Android

Jika tadi diatas kita sudah membahas sedikit tentang jasa aplikasi android, sekarang kita akan membahas dulu mengenai android itu sendiri. Hal ini supaya kita bisa lebih memahami android dan juga fungsinya supaya kita bisa menggunakannya dengan maksimal. Jangan sampai kita ingin menciptakan suatu bisnis, dalam hal ini bisnis berbasis android tanpa memahaminya lebih dahulu.

Android itu bisa dikatakan merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat berdasarkan dari Linux kernel. Linux kernel ini merupakan contoh program gratis yang sangat bagus. Pada tahun 2006 para produsen smartphone hanya mempunyai dua pilihan yaitu membeli lisensi dari sistem operasi yang akan mereka pakai atau mengembangkan sendiri sistem operasi mereka. Dari situlah google akhirnya membuat Open Handset Alliance dan membuat android sebagai open source platform pada tahun 2007. Sebagai open source platform, android kini dapat didownload, modifikasi, dan diinstall di berbagai mobile device secara gratis.

Pada tahun 2010 android sudah digunakan oleh 34 tipe mobile device di 49 negara. Hal ini tentu saja berdampak pada luasnya pilihan yang didapat oleh para pengguna dari smartphone. Di tahun 2011 sebelas meluncurlah versi ketiga dari android yang dinamakan Honeycomb. Honeycomb ini sebuah sistem operasi yang dibuat dengan tujuan untuk bersahabat dengan tablet device.

Di tahun 2012 android market berganti nama menjadi google play. Google play, sama seperti pendahulunya tetap memungkinkan para pengembang software untuk mendistribusikan apps nya dalam hanya hitungan jam. Hal ini sangat berbeda dengan lawannya yang menggunakan closed platform. Untuk sebuah aplikasi dari pengembang biasanya dibutuhkan waktu hingga berhari-hari untuk disetujui.

Tidak sampai disitu, pada tahun 2014 Audi, GM, Google, Honda, Hyundai dan NVDIA mengumumkan Open Automotive Alliance. Open Automotive Alliance ini bertugas membantu membawa platform android ke dalam mobil. Jadi android tidak hanya digunakan untuk smartphone dan tablet saja tetapi juga untuk mobil. Sekarang sudah lebih dari 45 merek automotive yang bergabung dalam aliansi ini.

Dampak dari adanya Android

Seperti yang tadi sudah disinggung mengenai pilihan produsen smatphone pada tahun 2006 adalah antara membayar lisensi atau mengembangkan sendiri sistemnya. Adanya android ini tentu saja merupakan angin segar untuk para produsen yang akhirnya memiliki pilihan ketiga. Para produsen smartphone kini dapat menggunakan sistem operasi android secara gratis dan hal ini tentu berdampak pada pengurangan biaya produksi. Turunnya biaya produksi juga secara langsung menurunkan harga jual, sehingga para customer dapat menikmati smartphone dengan harga yang terjangkau.

Hal ini dapat terjadi karena adanya aliansi open source platform yang sudah disebutkan di atas. Open source platform memungkinkan para pembuat smartphone memodifikasi kode dari sistem operasi android tanpa perlu membayar lisensi. Bahkan untuk setiap update yang diberikan oleh android pun dapat diakses secara gratis.

Perlu diingat juga bahwa sistem operasi ini juga tidak mengharuskan para pengembang untuk menginstal google’s suit terlebih dahulu untuk device yang mereka buat. Contoh yang dapat kita temui adalah Amazon fire tablet yang menggunakan sistem operasi android tanpa diinstalnya google apps terlebih dahulu. Walaupun sebuah smartphone sudah memiliki google’s suit, para pembuat smartphone masih dapat memasukan apps yang mirip ke dalam smartphone tersebut. Untuk urusan pendistribusiannya juga apps yang ada tidak tergantung hanya dari Play Store saja. Kita dapat juga menemukannya di Samsung’s Galaxy apps store, LG’s Smart World dan lain sebagainya.

Harga menjadi salah satu alasan utama untuk para customer memilih smartphone mereka. Pada tahun 2015 bisa kita dapati banyak smartphone android yang dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah saja. Hal ini belum dapat disediakan oleh para kompetitor android lainnya yang menggunakan closed platform. Sampai di tahun 2016 sudah ada sekitar 1300 merek smartphone berbasis sistem operasi android dengan lebih dari 24000 android devices.

Alasan adanya jasa aplikasi android

Dari beberapa hal diatas kita dapat menarik beberapa kesimpulan mengenai kenapa jasa aplikasi android cukup banyak diminati. Alasan yang pertama yaitu bahwa para pengguna android di Indonesia sendiri sudah sangat banyak sehingga bisa dibilang ini adalah ladang bisnis yang baik. Dengan banyaknya pengguna tentu saja meningkatkan kemungkinan terciptanya sebuah transaksi bisnis.

Banyaknya pengguna smartphone android ini juga tidak terlepas dari banyaknya produsen smartphone berbasis sistem operasi android. Banyaknya produsen smartphone dengan sistem operasi serupa akan meningkatkan kompetisi antara produsen untuk menggaet lebih banyak lagi customer. Hal ini mereka lakukan selain dengan meningkatkan kualitas, mereka juga membandrol produk mereka dengan harga yang kompetitif. Harga yang kompetitif ini menjadi alasan banyak orang untuk membeli smartphone berbasis android.

Alasan lainnya mengapa banyak orang atau perusahaan menyediakan jasa aplikasi android ini adalah kemudahan. Seperti yang tadi sudah disebutkan, open source platform milik android ini memudahkan para pengembang untuk menciptakan banyak aplikasi atau apps. Cepatnya pendistribusian apps yang hanya membutuhkan hitungan jam menjadi alasan utama seorang pengembang aplikasi. Di jaman yang serba cepat waktu menjadi komoditas berharga sehingga perbedaan dalam waktu pendistribusian yang dibutuhkan menjadi pertimbangan penting.

Para pembisnis yang memiliki banyak ide baru untuk sebuah inovasi tentu saja ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cepat dan efektif. Maka dari itu banyak dari mereka yang memilih platform android sebagai awal peluncuran bisnis mereka. Mungkin seiring dengan berjalannya waktu tidak menutup kemungkinan apps yang ada dikembangkan dalam platform lainnya. Hal ini membuat para penyedia jasa aplikasi android entah itu perorangan ataupun perusahaan merambah platform lainnya sesuai permintaan pasar.

Segera hubungi penyedia jasa aplikasi android

Jika kita memiliki sebuah ide yang dapat dijadikan bisnis sebaiknya kita bergerak cepat sebelum ide tersebut digunakan oleh orang lain. Untuk urusan apps android kita tidak perlu kwatir jika kita tidak memiliki pengetahuan di bidang IT. Sudah banyak penyedia jasa aplikasi android yang ada di pasaran. Tapi kitapun sekali lagi harus berhati-hati dalam memilih penyedia jasa tersebut.

Leave a Reply